Menuju Bromo Marathon 2019

Bromo Marathon merupakan gelaran lari tahunan yang diselenggarakan di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Tahun 2019 ini, Bromo Marathon diselenggarakan hari Minggu tanggal 1 September 2019 di Hotel Plataran Bromo. Race kategorinya terbagi menjadi empat yaitu 5K, 10K, 21K dan 42K. Seluruh kategori akan memulai start di Desa Tosari dan melewati beberapa desa di Kawasan Tengger yang menjanjikan pemandangan alam sangat indah. Bahkan, untuk kategori 21K dan 42K akan melewati kawasan sekitar kawah Bromo. Walau panas dan pastinya berdebu, tapi sepertinya akan tetap memberi kesan tersendiri bagi mereka yang mengambil kategori tersebut. 

Nah, untuk Bromo Marathon 2019 ini merupakan salah satu event lari yang masuk dalam bucket list-ku selain Surabaya Marathon 2019. Sejak lama memang sudah ada keinginan sih buat lari di kawasan pegunungan apalagi Kawasan Bromo yang terkenal dengan rutenya yang cukup menantang, ada on road dan off road-nya gitu. Kebetulan, jadwal tanggal 1 September juga lagi available. Karena jadwal sudah dipastikan available akhirnya tanggal 21 Agustus 2019 aku registrasi buat race yang kategori 10K diharga Rp500.000,00 (harga standard, untuk yang early bird diharga Rp300.000,00). Dengan race seharga itu, peserta bakal mendapatkan medali, t-shirt, goodie bag, serta tiket masuk ke Tengger Arts and Culture Festival. Selain itu, peserta juga mendapatkan fasilitas free shuttle dari lokasi penginapan yang ada di kawasan Tosari dan Wonokitri ke lokasi start Bromo Marathon di Hotel Plataran Bromo.

Untuk penginapannya, aku memutuskan untuk menginap di daerah Tosari supaya lebih dekat dengan lokasi free shuttle-nya. Sebenarnya bisa juga milih nginap di Sukapura sih, namun sepertinya panitia tidak menyiapkan fasilitas free shuttle ke lokasi race dari Sukapura. Penginapan di Tosari harganya beragam, mulai dari Rp100.000,00-Rp1.000.000,00 tergantung fasilitas dan jenis penginapannya. Tapi, untuk nginap ditanggal pelaksanaan Bromo Marathon hampir seluruh penginapan di Kawasan Tosari sudah full booked semua. Selama beberapa hari harus rajin ngecek website booking hotel dan akhirnya ada satu room yang available untuk tanggal 30 Agustus-1 September 2019 seharga Rp500.000,00/2 malam. Kenapa dua malam? Karena rencananya mau cuti sehari di hari Jumat jadi masih bisa jalan-jalan di Kawasan Bromo hari Jumat siang dan Sabtunya.

Untuk keberangkatan, awalnya mau naik shuttle dari Bandara Juanda, tapi karena sudah full semua jadi akan motoran aja pelan-pelan sekalian touring tipis-tipis. Dari Surabaya rencananya berangkat pagi sekitar jam 6.00 atau jam 7.00 biar masih sempat shalat Jumat di Kawasan Bromo dan setelah itu langsung check in di penginapan. So, let’s start the journey! Bromo Marathon 2019, I’m coming!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =