2019 Race Recap dan Rencana Race 2020

Sepertinya ini jadi tulisan pertama di tahun 2020 setelah postingan terakhir di bulan Agustus kemarin. Maklum, di triwulan keempat 2019 kemarin tugas pemeriksaan seperti gak ada henti-hentinya. Apalagi waktu itu harus keliling Jawa Timur, mulai dari Sampang, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo hingga Bojonegoro. Menyenangkan sih bisa keliling Jawa Timur, cuma perjalanan dan pindah-pindahnya itu yang bikin capek.

Nah, kali ini aku bakal sedikit bercerita tentang enam rangkaian race yang aku ikutin selama tahun 2019. Yang pertama adalah Samsung Surabaya Marathon 2019. Pada event yang diselenggarakan di Kota Pahlawan tanggal 4 Agustus 2019 ini, kategori yang aku ambil adalah 10K. Sebenarnya waktu itu slot Surabaya Marathon untuk semua kategori sudah habis. Untungnya beberapa minggu menjelang pelaksanaan, Bank Jatim menawarkan slot gratis untuk kategori 5K dan 10K dengan cara membuka tabungan dan meng-hold saldo di rekening selama enam bulan. Jadilah waktu itu ngambil slot yang 10K dan bisa ikutan Surabaya Marathon untuk pertama kalinya.

Selanjutnya yang kedua adalah Bromo Marathon 2019 yang diselenggarakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pasuruan tanggal 1 September 2019. Sama dengan Surabaya Marathon, di sini aku hanya ngambil kategori 10K mengingat medannya yang cukup menantang. Dan benar saja, rute Bromo Marathon ini benar-benar gila. Dari kilometer awal tanjakannya udah bikin ngos-ngosan. Untungnya pemandangan yang disajikan begitu luar biasa. Pokoknya di Bromo Marathon ini tiap ngeliat tanjakan berasa hidup akan berakhir dan tiap ngeliat turunan benar-benar berasa ada di surga, meluncur tiada henti.

Kemudian, yang ketiga adalah Orthopedic Run yang diselenggarakan oleh RS Orthopedi & Traumatologi (RSOT) Surabaya tanggal 20 Oktober 2019 di Kawasan Citraland Surabaya. Orthopedic Run ini sebenarnya adalah event charity untuk anak-anak yang menderita kaki bengkok atau Congenital Talipes Equinovarus (CTEV). Adapun kategori yang aku ambil adalah 10K melewati jalan yang dipenuhi rumah-rumah mewah nan elit milik para konglomerat Surabaya.

Selanjutnya, yang keempat adalah Brilian Run Surabaya Series 2019 yang diselenggarakan tanggal 1 Desember 2019 dalam rangka menyambut HUT Bank BRI. Event yang diikuti oleh lebih dari 10.000 pelari ini diselenggarakan secara gratis untuk semua kategori mulai dari 5K, 10K dan 21K. Untuk pertama kalinya, di event Brilian Run ini aku ngambil kategori 21K/Half Marathon. Hanya saja untuk kategori 21K ini rutenya dibuat nge-loop, jadi sedikit membosankan karena harus mengulang rute yang sudah dilewati sebelumnya.

Kemudian, yang kelima adalah Pelindo III Port Run 2019 yang diselenggarakan tanggal 8 Desember 2019 di Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Hanya ada dua kategori pada event ini yakni 5K dan 10K. Yang spesial dari Pelindo III Port Run 2019 ini tak lain dan tak bukan adalah bintang tamunya yang menghadirkan The Lord of Broken Heart Didi Kempot. Kalau biasanya pas abis race banyak peserta langsung bubar balik ke rumah masing-masing, di Pelindo Run ini mayoritas peserta lari pada betah panas-panasan sambil berjoget bersama Pakde Didi Kempot. Para sobat ambyar memang luar biasa :).

Dan yang terakhir adalah Semarang 10K yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang bekerjasama dengan Harian Kompas tanggal 16 Desember 2019 di Balai Kota Semarang. Semarang 10K benar-benar menjadi race penutup tahun yang begitu menyenangkan. Rute yang disajikan tidak saja melewati kawasan perkotaan modern namun juga melewati Kawasan Kota Lama Semarang yang sudah ditata dan direvitalisasi. Melihat kawasan Kota Lama Semarang yang sekarang benar-benar telah jauh berubah dan berbeda dengan kondisi saat berkunjung ke ke sini belasan tahun lalu.

Nah, itu dia enam race yang aku ikutin selama tahun 2019. Oh ya, untuk tahun 2020 ini, aku menjadwalkan untuk mengikuti enam race utama berikut: 1) Mandiri Jogja Marathon 2020 2) Pocari Sweat Run Solo 2020 3) Pocari Sweat Run Bandung 2020 4) Surabaya Marathon 2020 5) Maybank Bali Marathon 2020 6) Borobudur Marathon 2020 dan 6) Semarang 10K 2020. Sampai jumpa di keenam race tersebut yaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − thirteen =