Tempat Lari dan Jogging Terbaik di Kota Surabaya

Setelah menetap lebih dari delapan tahun di Kota Surabaya rasanya saya sudah cukup banyak kenangan mengunjungi tempat-tempat dan spot yang sangat menarik untuk dijadikan lokasi olahraga lari dan jogging. Lokasi-lokasi tersebut tersebar dipelbagai sudut Kota Surabaya, mulai dari pusat kota hingga pinggiran kota. Berikut saya rangkum tempat-tempat jogging terbaik di Surabaya yang bisa menjadi referensi dan alternatif baru bagi kalian para penggemar olahraga lari dan jogging.

1. Car Free Day Darmo-Tunjungan

Lokasinya yang berada tepat di pusat kota menjadikan CFD Darmo sebagai tempat yang sangat menarik untuk menikmati minggu pagi di Kota Surabaya. Rute jogging yang dapat ditempuh mulai dari Taman Bungkul-Raya Darmo-Jalan Basuki Rahmat-Tunjungan Plaza-Jalan Gubernur Suryo-Jalan Panglima Sudirman-kembali lagi ke Raya Darmo/Taman Bungkul. Suasana jalan Surabaya yang masih sepi ditambah lanskap urban perkotaan seperti gedung-gedung pencakar langit, gedung-gedung bersejarah, pepohonan dan lalu lalang kendaraan semakin menghidupkan dan menyemarakkan suasana pagi. Anda pun tidak perlu khawatir jika berolahraga di sisi jalan raya sebab pemerintah Kota Surabaya telah menyediakan trotoar jalan yang cukup luas dan representatif untuk aktivitas jogging.

2. Lapangan KONI Kertajaya

Lapangan olahraga yang berlokasi di Jalan Raya Kertajaya Indah ini juga menjadi salah satu tempat yang sangat representatif untuk lari maupun jogging. Meskipun jogging track-nya masih berupa tanah tapi cukup nyaman jika dibandingkan berlari di atas trotoar yang tidak selalu rata. Selain itu saat weekend lapangan KONI juga selalu ramai jadi sangat cocok untuk lelarian sambil membangun relasi sekaligus cuci mata.

3. Lapangan THOR

Nah kalau lapangan yang ini sepertinya masih baru saja direvitalisasi oleh Pemkot Surabaya. Lapangan atletik yang berlokasi di Jalan Patmosusastro atau di belakang Gelora Pancasila ini memiliki fasilitas yang lebih lengkap dengan track berbasis karet sintetis dengan standar internasional. Panjang track larinya sekitar 400 m dan terdapat pula area untuk olahraga lempar lembing, lempar cakram, lompat galah, lompat jauh, tolak peluru dan tolak cinta.

4. Danau Kampus C Unair

Kalau anda ingin lari bersama angsa-angsa putih dan ikan-ikan duyung sambil memandangi bermacam-macam ikan seperti mas, mujair dll ditemani rindangnya pepohonan maka danau Kampus C Unair yang berlokasi di Mulyorejo ini adalah pilihan yang sangat tepat. Jogging track yang berupa paving block terasa cukup nyaman namun karena tidak terlalu lebar jadi semakin meningkatkan kemungkinan untuk bersenggolan dengan mereka yang berjalan santai. Tapi siapa tau yang kamu senggol itu ternyata adalah jodohmu, bukankah itu yang kamu tunggu?

5. Kenjeran Park

Sebagai salah satu ikon wisata Kota Surabaya, Kenjeran Park (Kenpark) tidak saja menawarkan lanskap pantai dan bangunan-bangunan berarsitektur unik tetapi juga bisa menjadi lokasi yang menarik untuk tempat lari maupun jogging. Lari pagi maupun sore hari terhitung sangat nyaman, apalagi ditemani rindangnya pepohonan dan angin pantai yang sepoi-sepoi. Apalagi setelah itu langsung beristirahat sambil menunggu sunrise atau sunset dengan segelas kopi pahit bersama si dia. Such a perfect moment lah pokoknya.

Nah itu dia top five tempat lari dan jogging favorit yang ada di Kota Surabaya. Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat-tempat anti mainstream lainnya, hanya saja tidak akan habis kalau di bahas satu per satu dalam postingan ini. Sebagai simpulan tulisan kali ini, dimana pun tempatnya indoor maupun outdoor tetaplah berolahraga demi kesehatan dan kebugaran tubuh kita sendiri. Salam olahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *