About

Saya, Teguh Budisantoso, S.Ikom lahir di Kendari pada 16 Oktober 1992. Merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Saya menghabiskan masa kecil sampai SMP di Kota Kendari, ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara. Mengenyam pendidikan taman kanak-kanak di TK Diah Pertiwi, Sekolah Dasar di SD Negeri 7 Abeli dan Pendidikan Menengah Pertama di SMP Negeri 14 Kendari. Selepas lulus SMP saya melanjutkan pendidikan sekolah menengah atas di SMA Negeri 1 Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah.

Lepas dari pendidikan SMA, tahun 2010 saya melanjutkan pendidikan tinggi di Jurusan Ilmu Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya. Saya mengambil peminatan pada bidang Public Relations/Corporate Communication dan berhasil meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.Ikom) pada Maret 2014. Selama kuliah, saya sempat mendapat beasiswa dari Pertamina Foundation (PF) dan cukup aktif dalam kegiatan Sobat Bumi yang  diinisiasi PF untuk mempromosikan aksi cinta lingkungan dan gerakan penanaman pohon. Selain itu saya juga aktif mengikuti berbagai kegiatan HIMA Jurusan, menjadi panitia beberapa kegiatan Departemen, dan aktif dalam sejumlah organisasi kemahasiswaan intra kampus.

Menjelang akhir 2014, saya mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dan mendaftar untuk Formasi Jabatan Fungsional Pemeriksa pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. BPK RI merupakan lembaga negara setingkat MPR, DPR, MA dan MK yang berpusat di Jakarta dan memiliki Kantor Perwakilan di tiap-tiap ibukota provinsi. Setelah dinyatakan lulus sebagai CPNS BPK RI pada Desember 2014, saya mendapat Surat Keputusan (SK) penempatan pertama kali di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang berlokasi di Jalan Raya Juanda Gedangan Sidoarjo. Secara reguler, setiap pegawai BPK akan mengalami mutasi dan promosi dari satu perwakilan ke perwakilan lain atau kantor pusat. Oleh karena itu, setiap pegawai BPK wajib bersedia untuk ditempatkan di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua dan tentu saja harus siap untuk menjalani LDR dengan keluarga.

Selain aktifitas sehari-hari sebagai pegawai BPK, saya masih memiliki waktu yang cukup luang untuk menjalankan beberapa hobi seperti lari, fotografi dan traveling. Aktifitas lari sering saya lakukan pada pagi hari sebanyak 2-3 kali seminggu dan khusus akhir pekan saya biasanya lari di Car Free Day (CFD) Darmo, menempuh Rute sejauh 5 km dari Raya Darmo-Tunjungan-Raya Darmo. Selain itu, tugas-tugas sebagai pegawai BPK untuk memeriksa laporan keuangan Pemerintah Daerah terkadang mengharuskan kami untuk bertugas selama 30-60 hari di luar kota sehingga traveling ke tempat wisata setempat jadi selingan yang cukup efektif untuk melepas penat.

Dari seluruh hal tersebut di atas, ada sebuah komitmen yang harus dijalani oleh siapa pun termasuk saya untuk tetap berjuang atas pilihan-pilihan hidup yang telah dibuat. Just enjoy your life, hidup hanya sekali mari kita berikan kontribusi terbaik kita untuk keluarga, agama, bangsa dan negara dengan tetap menjaga keadilan dalam membagi waktu yang terbatas agar hidup yang hanya sekali ini benar-benar bisa memberi keberkahan baik untuk dunia maupun akhirat.